MODUL MULTIMEDIA

Home » Pendidikan » KUNJUNGAN TIM VERIFIKASI DARI KEMENDIKNAS RI

KUNJUNGAN TIM VERIFIKASI DARI KEMENDIKNAS RI

Kamis, 15 Desember 2011 Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT) yang baru kami buka di salah satu perladangan kelapa sawit yaitu Ladang Jeleta Bumi di Sabah-Malaysia mendapat kunjungan dari staff kemendiknas RI, yaitu Daryanto, ST.MT; Asiah, B.A; dan Elly Wismayanti; dan ditemani salah satu staf konsulat RI Tawau, Anjar Nugraha S.Pd. Kedatangan beliau merupakan kunjungan untuk verifikasi data SMP Terbuka dan Pusat Bimbingan Belajar HUMANA (SD.red) di ladang kami, dan sekaligus untuk mensupervisi kegiatan belajar di sekolah kami.

Pada dasarnya pembukaan SMP Terbuka di ladang ini bertujuan untuk melayani pendidikan anak-anak TKI agar tetap mendapatkan layanan pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Sebelumnya, di ladang kami sudah beroperasional Pusat Bimbingan Belajar (SD.red) yang diselenggarakan oleh NGO HUMANA. Namun demi menjamin keberlangsungan pelayanan pendidikan wajib belajar sembilan tahun untuk warga Negara Indonesia setempat maka dibukalah SMP Terbuka atau dikenal dengan istilah Learning Center (LC). Penyelenggaraan sekolah ini dibawah pengawasan langsung dan disupport dari pemerintah Indonesia, serta telah disetujui pendiriannya oleh Kementrian Pelajaran Malaysia. Salah satu syarat pembukaan LC yaitu harus memiliki murid minimal berjumlah 30 orang dan memiliki ijazah SD atau Ijazah paket A, dikarenakan masih minimnya jumlah murid usia SMP di ladang kami yaitu berjumlah 14 murid, maka kami belum dapat membuka LC secara mandiri, dan sebagai solusinya dapat membuka TKB (Tempat Kegiatan Belajar) dengan menginduk pada LC terdekat yaitu LC di ladang Mostyn.

Tahun depan kami memiliki target untuk dapat membuka LC secara mandiri di ladang kami. Untuk dapat merealisasikan targetan tersebut diperlukan perekruitan murid, adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah: 1) Pendataan siswa usia SMP melalui home visit (kunjungan rumah); 2) Persiapan Ujian Paket A, untuk mendapatkan Ijazah Paket A (ijazah setara SD) sebagai salah satu syarat pendaftaran murid SMP Terbuka. Perlu diketahui bahwa lulusan murid dari Pusat Belajar Bimbingan Humana (SD.red) belum dapat mengeluarkan Ijazah Paket A/Ijazah SD yang telah diakui oleh Kementrian Pelajaran Malaysia maupun Kemendiknas RI; 3) Mengekspansi perekruitan siswa ke ladang-ladang terdekat yang belum ada SMP Terbuka.

Dengan bermodalkan keterbatasan, saya dan kawan-kawan guru bertekad untuk tetap menyelenggarakan kegiatan belajar SMP Terbuka di ladang kami. Meskipun kami belum memiliki gedung sendiri, fasilitas pembelajaran yang masih sangat minim, dan modul pembelajaran yang juga sangat terbatas, semua itu tidak menyurutkan semangat belajar dari murid-murid kami. Untuk sementara kegiatan belajar SMP Terbuka kami selenggarakan di gedung Pusat Bimbingan Belajar Humana, kami join dalam penggunaannya, hari senin-jumat digunakan untuk pembelajaran Pusat Bimbingan Belajar Humana dan Sabtu-Minggu digunakan untuk kegiatan belajar SMP Terbuka. Hadirnya SMP Terbuka ini tidak terlepas dari dorongan semangat dari kawan-kawan guru, salah satunya Tenten Hermawansyah S.Pd sebagai tutor saya dalam menyelenggarakan TKB ini dan beliau sekaligus koordinator LC Mostyn.

Dari hasil supervisi tersebut didapatkan bahwa diperlukan penguatan dari berbagai pihak dalam menginisiasi keberadaan SMP Terbuka ini, diantaranya pihak ladang (Manager ladang) dan Masyarakat setempat. Agar kedepannya, setiap kegiatan yang terkait dengan pembelajaran mendapatkan dukungan penuh dari pihak-pihak tersebut baik dukungan moral maupun materil. Dan agar terus berupaya mengekspansikan Learning Center (LC) ke ladang-ladang yang belum tersentuh layanan pendidikan, baik tingkat SD maupun SMP.

Tawau, 23 Desember 2011.

Di Penginapan Uti Mulya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: