MODUL MULTIMEDIA

Home » Pendidikan » JILBAB UNTUK MURIDKU

JILBAB UNTUK MURIDKU

Selasa, 31 Januari 2012 merupakan hari yang berkesan bagi saya dalam menjalankan tugas mengajar untuk anak-anak TKI di Sabah – Malaysia. Betapa tidak, karena keinginan yang sejak awal kali menginjakkan kaki di Sekolah Humana 125 Ladang Jeleta Bumi untuk merealisasikan seragam muslim dan penggunaan jilbab bagi murid putri terwujud sudah. Dan saat ini didepan saya bertebaran murid-murid yang telah mengenakan jilbab, mereka terlihat lebih rapih dan cantik dengan berbalut jilbab, sungguh ada rasa bangga dan haru melihat pemandangan tersebut.

Hal tersebut tidak terjadi begitu saja, awalnya keinginan ini muncul dari keprihatinan terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Humana (NGO yang mengelola sekolah humana) dalam hal penggunaan seragam muslim bagi murid-murid. Dalam hal ini Humana belum menyetujui penggunaan jilbab sebagai seragam sekolah. Padahal kalau ditilik balik pada sistem pendidikan di Malaysia, penggunaan jilbab sebagai seragam sekolah telah diwajibkan bagi sekolah kerajaan (sekolah negeri.red) di Malaysia. Seharusnya Humana sebagai lembaga NGO yang berpayung pada pemerintahan Malaysia dapat menyesuaikan kebijakan dalam penggunaan seragam tersebut.

Awal kali penolakan Humana terhadap penggunaan jilbab terjadi di Sekolah Humana 124 Ladang Mostyn. Saat itu guru-guru di sekolah tersebut berinisiatif untuk menyeragamkan penggunaan jilbab bagi murid putri, namun tanpa disadari pihak Humana tidak setuju dengan kebijakan tersebut terlebih lagi tidak ada konfirmasi dari pihak guru kepada pihak Humana dalam menerapkan kebijakan penggunaan jilbab sebagai seragam sekolah. Namun pihak guru tetap menghiraukannya, kini murid-murid disekolah tersebut tetap mengenakan seragam muslim.

Belajar dari pengalaman rekan kami di Sekolah Humana Ladang Mostyn dan mengacu dari hasil diskusi dengan guru-guru di sekolah, kami mencoba menerapkan kebijakan penggunaan jilbab sebagai seragam sekolah disekolah kami. Dan alhamdulillahnya pada saat acara monthly report guru-guru humana distrik Tawau dan Kunak, pihak Humana telah menyetujui secara resmi penggunaan jilbab sebagai seragam sekolah namun dengan catatan tidak ada paksaan dalam penerapan kebijakan ini. Artinya guru tidak boleh memaksakan kepada setiap murid dalam mengenakan jilbab ketika bersekolah.

Adanya persetujuan dari pihak Humana telah membawa angin segar bagi kami dalam menerapkan kebijakan tersebut. Tanpa menunggu lama, kebijakan tersebut langsung kami sambut dengan baik dan diterapkan dalam sekolah kami. Saat itu kami pun memberitahukan kepada murid-murid bahwa tidak ada paksaan dalam mengenakannya. Dan yang membuat kami terkejut dan sekaligus terharu, setelah pengumuman tersebut disampaikan kepada murid, esoknya mereka dengan antusias mengenakan jilbab secara serempak, tanpa ada paksaan. Pemandangan itulah yang membuat kami terharu dan berkesan, mereka dengan senang hati mengenakan jilbab dalam bersekolah. Lucunya, ketika awal kali mengenakan jilbab tersebut mereka masih malu-malu, bahkan ketika melihat saya mereka langsung menyembunyikan wajahnya.

Dan kini kebijakan tersebut memberikan dampak positif pula bagi murid putra, secara inisiatif mereka juga mengenakan songko (peci.red) dalam bersekolah. Padahal tidak ada arahan atau perintah dari guru untuk mengenakannya. Disamping itu pula, kini telah berlangsung program rutin sholat dhuha berjamaah dengan murid-murid ketika jam istirahat.

Semoga kedepannya dapat memberikan kebaikan-kebaikan yang lainnya untuk murid-murid yang tercinta agar mereka dapat meraih masa depannya yang cerah dan indah.

 Jeleta Bumi, 2 Februari 2012


8 Comments

  1. novita says:

    bersukur bangga karna keinginan kita satu persatu dapat terwujud,,,semangat dan sukses ya k’mahfud

  2. wisnu wardhana says:

    alhamdulillaah….
    semoga pahala mengalir senantiasa kepada orang-orang yang mengawali kebajikan dan kepada orang-orang yang mengikutinya…..

    jadi iri ni sama mahfudz…..

  3. aufaa says:

    jadi terharu….dari seorang mahfudz yang mba tri kenal. doa ana untuk istiqomah ntm adikku. semoga Allah jaga ibu, adik2 juga dirimu

  4. Ridwan says:

    Assalamu’alaikum, Wr.Wb…
    Mas, mau tanya untuk prosedur pendaftaran mengajar anak-anak TKI di Malaysia itu bagaimana yah? Saya dulu hendak mendaftar, tapi belum lulus kuliah, nah sekarang saya sudah lulus kuliah…saya sangat tertarik untuk mengajar anak-anak TKI…pelajaran dan kurikulumnya bagaimana?
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb..

  5. kakak, saya berangkat tahun 2013. bagaimana akses komunikasi semacam sinyal telepon seluler dan sinyal internet?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: