MODUL MULTIMEDIA

DUNIA CULLINERY

Poltekba Adakan Pelatihan Cooking Class

Panen Salak Malah Lebih Sering Dibuang

TRIBUN KALTIM / SYAIFUL SYAFAR
Petani salak di Km 21 dilatih mengolah salak menjadi kue, Senin (17/11/2014)

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Produksi salak di Kaltim yang diperkirakan sekitar 17 ribu ton per bulan, ternyata hanya sekitar 10 persen saja yang dikelola oleh masyarakat, termasuk petani salak di Km 21, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. Demikian pernyataan Sekretaris Program Studi Tata Boga, Politeknik Negeri Balikpapan, Tuatul Mahfud, kepada TRIBUNKALTIM.CO, Senin (17/11/2014).

Ia menyayangkan, betapa tanaman pangan lokal salak yang selama ini menjadi ikon Balikpapan tidak ditunjang dengan diversifikasi (pemasaran) produk. Pengolahan pasca panen menurutnya sangat penting dilakukan untuk memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat setempat. (Baca juga: Petani Salak di Balikpapan Dilatih Pengemasan)

(more…)

Local Food Challenge 2015

Tanggal 16inforgafis LFC Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Se-Dunia.

Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) mengajak seluruh Masyarakat Indonesia untuk dapat mengkampanyekan pangan lokal nusantara melalui cara yang sederhana, lewat “Local Food Challenge”

Kampanye ini dilakukan dengan menggunakan media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi Facebook dan Twitter. Media tersebut merupakan bentuk media sosial yang paling populer digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

 

 

Unggah video Anda, perkenalkan pangan lokal kebanggan Kita, dan tantang orang-orang di sekitar untuk terlibat dalam Gerakan Pangan Lokal.

Dengan Semangat Hari Pangan, Mari Bersama Perkenalkan Pangan Lokal Indonesia ke Seantero Dunia!

Penyuluhan dari BNN

SONY DSC

Poltekba, Humas – Politeknik Negeri Balikpapan (7/10) Mendapat kunjungan langsung dari BNN Kota Balikpapan. Tema “Penyuluhan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika”, Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang narkoba dan zat adiktif lain.

Selain itu juga pengetahuan tentang segala bentuk obat yang beraneka ragam dapat membuat seseorang tidak tahu akan Narkoba tersebut karena disamarkan. penyuluhan ini juga memberikan pengetahuan yang baik kepada mahasiswa bahwa resiko pengguna Narkoba tidak main-main karena bukan hanya menghancurkan diri sendiri tapi masa depannya serta keluarganya (.Red). Selain penyuluhan dari BNN juga melakukan test urin.

Penegerian Politeknik Balikpapan

IMG_9457-652x300Puncak proses dan sejarah penegerian Politeknik Balikpapan adalah pada tanggal 9 September 2011 dengan ditandatanganinya

Permendiknas Nomer 41 Tahun 2011 tentang Pendirian Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Balikpapan. Dalam masa transisi Politeknik Negeri Balikpapan tetap akan mendapatkan bantuan biaya operasional dari Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur seperti yang tertuang dalam surat Komitmen pembiayaan baik dari Pemerintah Kota Balikpapan, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan DPRD Provinsi Kalimantan Timur.